Laboratory for Public Governance Reforms (LPGR) berdiri pada tahun 2014 berdasarkan SK Rektor UNS No. 276/UN27/OT/2014. Struktur organisasi Laboratory for Public Governance Reform terdiri dari :
- Kepala Laboratorium
- Sekretaris Laboratorium
- Kepala Divisi Riset
- Kepala Divisi Layanan/Kerjasama
- Kepala Divisi Pusat Data dan Publikasi
Tugas dan Fungsi Kepala Laboratorium :
- Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium Public Governance Reform
- Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan riset, layanan dan publikasi bidang public governance
- Merancang dan mengembangkan peluang kerjasama riset, layanan dan publikasi bidang public governance
- Membantu diseminasi dan publikasi hasil riset ke dalam buku ajar, buku teks, dan jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi
- Mendukung dan memfasilitasi pengembangan bidang keilmuan Program Studi Ilmu Administrasi Negara.
- Mendukung dan memfasilitasi pencapaian roadmap riset Program Studi Ilmu Administrasi Negara.
Tugas dan Fungsi Divisi Riset:
- Menghasilkan karya riset di bidang reformasi public governance
- Membantu terbentuknya jaringan kerjasama kelembagaan antar institusi di bidang riset
- Mendukung terciptanya sumber daya manusia yang profesional guna meningkatkan kualitas riset
- Mendukung terciptanya iklim akademis yang kondusif bagi pengembangan program studi maupun ilmu administrasi negara melalui kegiatan riset
Tugas dan Fungsi Divisi Layanan :
- Menyelenggarakan layanan (seminar, workshop, pendidikan dan latihan) di bidang reformasi public governance, baik bagi kalangan internal fakultas (dosen dan mahasiswa) maupun untuk instansi pemerintah ataupun masyarakat umum.
- Menjalin jaringan kerjasama kelembagaan antar institusi di bidang layanan reformasi public governance
- Mendukung terciptanya sumber daya manusia yang profesional guna meningkatkan kualitas layanan reformasi public governance
- Mendukung terciptanya iklim akademis yang kondusif bagi pengembangan program studi maupun ilmu administrasi negara melalui kegiatan layanan
Tugas dan Fungsi Divisi Pusat Data dan Publikasi :
- Menyediakan dan mengembangkan sarana dan prasarana terkait dengan pengelolaan data dan publikasi
- Melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan kepustakaan, data dan informasi
- Mengkoordinasikan pengembangan jarinan informasi dan perpustakaan untuk menunjang pelaksanaan riset dan pengembangan jurusan
- Mempublikasikan hasil kegiatan laboratorium baik dalam penelitian, kerjasama maupun layanan dan pengabdian