Riset dan Layanan

Laboratory for Public Governance Reform (LPGR)  FISIP UNS  bertujuan  mengembangkan riset dan layanan dengan fokus  kajian di  bidang :  

1. Organisasi dan Manajemen Publik 

  • Melakukan kajian/riset pengembangan kapasitas kelembagaan dan SDM sector publik
  • Mendesain perencanaan dan manajemen strategis
  • Menetapkan standard pengukuran kinerja pencapaian program
  • Mengevaluasi kinerja kualitas pelayanan publik
  • Mengevaluasi akuntabilitas pelayanan publik ,dsb
  • Mengevaluasi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik
  • Mengembangkan inovasi pelayanan publik berbasis tehnologi (E-government)

2. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Kerja

  • Mendesain reformasi sistem administrasi negara  meliputi pembenahan pada : sistem rekruitmen PNS,   standard kompetensi dan profesionalisme , sistem penilaian  kinerja, sistem penggajian, dsb
  • Mendesain dan melaksanakan pendidikan dan latihan pengembangan SDM
  • Mendesain standard kinerja pegawai publik
  • Melakukan penilaian kinerja pegawai
  • Mengembangkan teknik memotivasi pegawai dan human relation dalam kepemimpinan
  •  Pengembangan budaya atau perilaku birokrasi yang  berorientasi pada pencapaian kinerja yang  efisien, efektif , produktif dan responsif melalui pengembangan : budaya pelayanan publik berorientasi pada hasil (kinerja) dan kebutuhan klien (kepuasan masyarakat), sikap dan perilaku bersih (antikorupsi), ideologi dan etos kerja pelayanan berorientasi pada kinerja dan kepuasan pengguna/masyarakat

3. Reformasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan

  • Melakukan kajian kebijakan atau analisis kebijakan/program
  • Melakukan riset evaluasi proses formulasi kebijakan
  • Melakukan riset evaluasi kinerja implementasi kebijakan/program
  • Melakukan riset evaluasi dampak kebijakan/program
  • Mendesain reformasi tata pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip Good Public Governance
  • Mengembangkan kerjasama antar daerah
  • Mengevaluasi pelaksanaan dan dampak otonomi daerah,dll

4. Pembangunan Demokrasi dan Civil Society

  • Melakukan kajian/riset tentang demokrasi dalam perspektif governance
  • Melakukan kajian/riset pemberdayaan civil society
  • Melakukan pendidikan politik dan kewarganegaraan
  • Mendesain dan melaksanakan pengembangan civil society
  • Memberdayakan peran masyarakat dalam tata kelola pemerintahan
  • Mengembangkan “sekolah demokrasi”

Fasilitas Laboratorium :

  1. Riset Group “Pelayanan Publik Berbasis Human Governance” dan “Dialectika Governance”
  2. Akses e-journal nasional dan internasional
  3. Perpustakaan dan e-book
  4. Internet
  5. Ruang Laboratorium

Pengguna Layanan :

Pengguna layanan laboratorium ini antara lain :

  1. Mahasiswa, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi riset dan penguasaan ilmu AN
  2. Dosen , untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian terkait dengan disiplin ilmu AN
  3. Instansi pemerintah atau organisasi  lain yang bergerak di bidang pelayanan publik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *